Keruntuhan Industri Strategis Indonesia


Indonesia, sebuah negara berpenduduk ke-4 terbesar di dunia, berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan diakui sebagai “East Asian Miracles” oleh World Bank pada tahun 90-an.

Gagasan pembangunan sektor industri berbasis teknologi sudah dimulai dari zaman Orde Lama (kabinet Juanda I), yang keberadaannya kemudian diteruskan dengan program nasionalisasi perusahaan asing khususnya Belanda pada tahun 1958. Setelah membangun berbagai proyek besar seperti Baja Trikora dan lembaga penerbangan, industri berbasis teknologi sudah dimulai dari zaman Orde Lama (kabinet Juanda I), yang keberadaannya kemudian diteruskan dengan program nasionalisasi perusahaan asing khususnya Belanda pada tahun 1958. Setelah membangun berbagai proyek besar seperti Baja Trikora dan lembaga penerbangan, industri berbasis teknologi berkembang pesat sejak kedatangan B.J. Habiebie pada tahun 1974 yang kemudian mendirikan divisi Advanced Technology & Teknologi Penerbangan (ATTP) di Pertamina. Divisi itu kemudian terus berkembang hingga pendirian BPIS tahun 1989, pendirian DSTP tahun 1996, dan terakhir holding PT Pakarya Industri/ PT BPIS pada tahun 1998.

Industri strategis Indonesia pernah disegani negara industri dan menjadi kebanggaan negara dunia ketiga. Namun, bersamaan krisis ekonomi 1997-1998 yang diikuti keruntuhan politik Orde Baru, dimulailah suatu akhir, ‘beginning of the end’, ditandai dengan pembubaran DSTP pada tahun 1999 dan BPIS pada tahun 2002. Runtuhnya sendi-sendi ekonomi khususnya di sektor industri berbasis teknologi menggagalkan Indonesia untuk lepas landas.

Sepanjang sepuluh tahun terakhir terjadi proses deindustrialisasi yang luar biasa ditandai kehancuran industri berbasis teknologi, tatkala Indonesia dibawa kembali ke tahun 1930-an saat industri berbasis sumber daya alam yang berdaya efek merusak lingkungan.

Display Buku
Rp 30.000
Hemat Rp 3.000
Rp 27.000
Judul Keruntuhan Industri Strategis Indonesia  
No. ISBN 6029771922
Penulis F.Harry Sampurno-Kuffal
Penerbit Khazanah Bahari
Tanggal terbit Februari – 2011
Jumlah Halaman 100
Berat Buku -
Jenis Cover Soft Cover
Dimensi(L x P) -
Kategori Sosial-Politik
Bonus -
Text Bahasa Indonesia ·
Lokasi Stok gudang penerbit

Short URL: http://www.harganya.com/?p=4876

Koleksi Berbagai Resep Masakan Lengkap

Recently on Twitter